Sabtu, 06 Agustus 2011

Rencana

Berada di lingkungan baru, bergabung dengan bermacam-macam karakteristik baru membawa perubahan yang cukup signifikan. Prinsip 'Let it flow" perlahan mulai disingkirkan, 'planning' untuk ke depan mulai direka terlebih dengan situasi terjamin kepastiannya. Usia yang kata orang 'sudah waktunya' mengharuskan untuk mengkaji lebih lanjut mengenai apa, bagaimana, kapan dan tak ketinggalan dengan siapa nantinya akan berbagi.
'Hidup adalah perjuangan", demikian pedoman yang dianut oleh seorang guru. Dan itu memanglah benar, untuk mencapai apa yang dicita-citakan, semua perlu usaha dan rencana yang matang. melewati jalan berliku hingga tak jarang merasa menemui jalan buntu. Menganggap bahwa semua yang terjadi sudah ada yang mengatur memang benar adanya, namun sebagai manusia tidak bisa begitu saja menghabiskan waktu dengan berpangku tangan, menanti apa yang biasa disebut dengan 'takdir'.
Perencanaan menjadi hal yang penting untuk dilakukan. Menelaah segala kemungkinan yang bisa terjadi dan mencari solusi untuk menghadapi segala sesuatunya. Jikalau sulit untuk mengerjakan semua sendiri, bolehlah membaginya dengan seseorang yang diyakini bisa menjadi penyangga. Satu demi satu, bayangan tanggung jawab di masa depan mulai dipikirkan dan direncanakan dengan baik sejak saat ini, supaya kelak ketika tiba waktunya semua bisa teratasi dengan baik.

Tidak ada komentar: