Rabu, 12 Oktober 2011

On Strange Tides


Selain saga Harry Potter, ada film petualangan fantasi lain yang kutunggu-tunggu waktu tayangya. Diambil dari wahana Disney terkenal Pirate of The Caribbean, aktor watak Jhonny Deep mengambil peran tokoh unik Kapten Jack Sparrow dalam film berjudul sama. Sukses dengan Pirate of The Caribbean Curse of Black Pearl yang diikuti dengan dua sekuelnya, akhirnya sekuel keempat selesai digarap dan baru beberapa hari lalu mulai ditayang di jaringan bioskop di Indonesia. Ketika aku melihat jadwal tayang film bajak laut tersebut di bioskop-bioskop sekitar, langsung saja aku bertolak ke kota sebelah, tak sabar melepaskan diri sebentar dari rutinitas untuk memuaskan keingintahuanku akan sekuel terbaru film produksi Hollywood tersebut.
Serupa dengan tiga film sebelumnya, sekuel terbaru ini masih menampilkan petualangan Kapten Jack Sparrow di lautan. Petualangan mencari mata air dewa sebagai syarat ritual memperoleh hidup abadi menjadi inti cerita kali ini. Meskipun kru Black Pearl masih sama dengan sebelumnya, demikian pula dengan rival abadi Jack, Kapten Barbosa, pada sekuel kali ini tak terlihat tokoh Will Turner dan Elizabeth yang dulu diperankan oleh Orlando Bloom dan Keira Knightley. Sebagai gantinya muncul tokoh baru yang diperankan Penelope Cruz, seorang mantan biarawati yang sempat menjalin hubungan asmara dengan Jack Sparrow. Mantan biarawati yang mengikuti jejak ayahnya perompak legendaris Edward Teach itu yang menggiring Sparrow untuk membantunya menemukan mata air dewa.
Usai menonton film ini, gelombang rasa puas layaknya usai menonton film boxoffice pun membuatku nyaman. Berbagai adegan seru baik di lautan maupun di daratan pulau nan indah, munculnya legenda makhluk laut Mermaid yang mempesona, munculnya perompak tersohor yang konon benar-benar ada di masa lampau, ditambah dengan panorama alami yang sangat indah menjadi nilai plus keberhasilan film ini menjadi salah satu film dengan pemasukan lumayan besar. Tak lupa karakter unik Sparrow yang dengan pas dilakoni oleh Depp sukses memancing gelak tawa penonton di tengah keseriusan mengikuti jalan cerita.
Menyaksikan film ini serta merta membuatku ingat sebuah komik Jepang terkenal. Tak hanya genre yang sama, komik berjudul One Piece karya Odacchi Sensei ini pun mengisahkan tentang kru bajak laut yang mengarungi lautan untuk mendapatkan harta peninggalan bajak laut terbesar Gold D Roger. Tokoh dan makhluk laut yang muncul dalam film keempat tersebut sama dengan apa yang ada di komik. Sebut saja Mermaid (putri duyung) yang digambarkan sebagai wanita cantik bertubuh ikan yang hidup di dasar lautan, bajak laut ternama Edward Teach, keduanya menjadi bagian dalam petualangan Luffy cs. Kesamaan tersebut mengindikasikan baik pembuat film maupun komik keduanya sama-sama melakukan riset mendalam tentang dunia perompak. Riset yang kemudian digarap dengan apik sesuai eksplorasi ide masing-masing membuat dua hal berlainan wujud tersebut sama-sama mendulang sukses di wilayahnya masing-masing. Sebuah proses dalam membuat suatu karya yang patut dicontoh oleh para sineas dan pengarang-pengarang lain yang ingin memperoleh prestasi yang sama. Melihat kesuksesan sekuel terbaru ini yang tak kalah dengan film sebelumnya walaupun tak menyertakan tokoh-tokoh yang telah dikenal pemirsa membuatku berharap akan kehadiran sekuel berikutnya dari Pirate of The Caribbean, mengingat akhir cerita film tersebut masih memungkinkan untuk dilanjutkan pada petualangan Kapten Jack Sparrow berikutnya.

Tidak ada komentar: