Rabu, 08 Juli 2009

You're Not Alone


Kesepian menjadi musuh alami yang timbul dari diri sendiri. Kesuksesan, kepopuleran tak menjamin seseorang untuk tidak mengalami sepi meski hanya sekali. Kira-kira seperti itulah yang dirasakan oleh King of Pop menurut biografi yang dilansir dari berbagai media. Yah, setelah dua pekan kontroversial akhirnya sang legenda MJ diantar ke tempat peristirahatan terakhirnya. Begitulah meski harus melawan kantuk dan penat, aku dengan setia mengikuti MJ Funeral yang digadang-gadang bakal melebihi prosesi pemakaman Lady Di. Benar juga, acara yang ditayangkan hampir oleh seluruh stasiun televisi swasta ini berlangsung begitu megah layaknya penghormatan terakhir bagi sang raja. Artis-artis ternama bergantian membawakan elegi dan menyanyikan lagu-lagu almarhum sebagai kenangan akan kisah sukses sang legendaris. Puluhan ribu penggemar dengan semangat mengelu-elukan nama idola mereka. Aku pun tak kuasa menahan tangis ketika melihat dan mendengar kata perpisahan dari putri tercinta MJ. "I love him so much", kalimat ini menyadarkan kembali bahwa MJ adalah seorang manusia pada umumnya.
Meskipun aku bukan fans fanatik seorang MJ, seperti sebagian pecinta musik di dunia pastilah mengenal setidaknya satu lagu yang dipopulerkan olehnya. Lebih dari sepuluh tahun lalu aku terpesona dengan keunikan lagu Black Or White. Lagu yang dibawakan setelah MJ menuai kontroversi dengan perubahan warna kulitnya itu menurutku sangat unik dan begitu mendalam di tengah isu rasis yang tetap ada hingga kini. Dimulai dari situlah aku mengenal seorang MJ sebagai penyanyi bertalenta yang selalu mencetak hits. Aku pun pada akhirnya mengenal dan menyukai hits-hitsnya yang kebanyakan bertema 'save the world'. Siapa yang tidak mengenal Heal The World yang menjadi lagu wajib di setiap acara berbau 'charity' ?
'You are not alone", sebuah lagu penyemangat nan manis pun tak luput dari perhatianku. Lirik demi lirik di lagu ini begitu menyentuh, mengobati sepi yang kadang kurasakan di saat-saat penuh beban. Menelusuri kisah hidup MJ, kiranya lagu ini mencerminkan keinginannya untuk mengobati kesepian yang acapkali dirasakan olehnya. Yah, seperti kisah nama besar lainnya yang berakhir dengan tragedi, demikian pula dengan akhir hidup MJ. Menutup mata di tengah semangat untuk 'come back' semakin menimbulkan kerinduan khususnya bagi fans setianya. Sungguh ironis melihat kebangkitan King of Pop di dunia entertainment justru berawal dari kematiannya. Bagaimanapun Michael Jakson adalah legenda. Meskipun raganya tiada, meskipun noda kehidupan mewarnai hidupnya, karyanya akan selalu dikenang dan tetap melekat di hati penggemar. Karena dia adalah pelopor bagi karya kharismatik nan legendaris.

Tidak ada komentar: