Rabu, 31 Desember 2008

Let It Flow


"Kegagalan adalah kesuksesan yang tertunda", demikian bunyi sebuah pepatah. Pertanyaannya bagaimana jika kegagalan terjadi berulang kali ? Kapankah, buah perjuangan bisa dipetik sementara usia semakin bertambah. Logikanya, semakin uzur, semangat semakin berkurang, ditambah dengan usaha yang berujung kekecewaan mau tidak mau niat untuk maju kembali melorot. Mengutip kalimat dari bukunya Kang Abik, "Takdir berada di ujung usaha", apakah gagal berarti kurang usaha ? Atau gagal berarti tidak ditakdirkan di jalan yang itu ?
Pada akhirnya kehampaan semakin melilit jiwa. Sekian banyak penghiburan tak mampu menepis mirisnya hati. Kata-kata manis bertujuan memberi 'follow up' kian memperburuk kegalauan. Menyepi menjadi jawaban sementara untuk mengobati luka. Benar kata orang, waktu adalah penyembuh yang tepat.
Let it flow......kalimat ini sering kali muncul dari bermacam-macam keadaan. Biarkan semua mengalir, jangan dibiarkan menumpuk menjadi penghalang lainnya. 2008, Januari hingga Desember yang senantiasa kelabu, tinggallah di belakang. Simpan dan tutup rapat semua kepedihan. Jangan sampai berhenti berharap. Tata diri bersiap menyambut tahun yang baru. Susun resolusi untuk tahun yang akan datang. Menyambut kembali Januari dengan ceria dan semangat baru. Menjadi pribadi baru yang siap untuk berubah dan mengalami perubahan. Amin.

1 komentar:

ela mengatakan...

tahun baru hendaknya mengawali sesuatu yg bru dlm hidup, semangt baru, jiwa baru dan kehidupan yg baru, semoga kehidupan di 2009 lebih baik dr thn kemrin...